Dirjen Hubla Tinjau Persiapan Arus Mudik Lebaran  1443 H  Pelabuhan Tanjung Perak

169

SURABAYA,BERKASNEWS.COM–Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang sekaligus Plt Dirjen Hubla Capt. Mugen S.Sartoto melakukan peninjauan terhadap persiapan arus mudik Lebaran 1443 H/ 2022 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya  Rabu (20/04).  sejumlah persiapan dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa selaku pengelola terminal penumpang dalam mengantisipasi adanya lonjakan penumpang diantaranya kesiapan pengamanan dan penyediaan fasilitas terminal penumpang .  Peninjauan tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan pengamanan arus mudik lebaran dari pihak pelabuhan dalam menghadapi arus mudik nanti supaya lebih kondusif sehingga para penumpang dapat mudik dengan aman dan nyaman menggunakan moda transportasi kapal laut.

Mugen meminta agar memperketat prokes penumpang di pelabuhan Tanjung Perak saat mudik. “Pengalaman Nataru 2021 terjadi peningkatan arus mudik hingga 2 kali lipat dikarenakan mudik perdana era pandemi Covid-19. Ini tentunya harus kita jaga, bagaimana agar aktifitas mobilitas masyarakat tetap bisa berjalan, namun di sisi lain protokol kesehatannya harus kita pastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Oleh karena itu, kita laksanakan pengecekan langsung di lapangan, di 2 titik”, tegasnya.

Lanjutnya, bahwa Tahun ini penanganan arus mudik lebaran 1443 H/ 2022 jauh lebih baik, terkoordinir dan rapih dibandingkan  saat Nataru 2021 lalu, ” Tahun ini penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 termasuk angkutan lautnya berjalan dengan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi, katanya.

Tidak hanya itu kata Mugen, kunci keberhasilan adalah di komunikasi antar instansi yang berjalan dengan baik sehingga ego sektoral tidak tampak sama sekali. Beliau juga memuji kerjasama yang baik antara operator kapal, dan stakeholder terkait bila ditemukan permasalahan di lapangan. ” Kami berterima kasih kepada masyarakat pengguna jasa angkutan laut yang sudah lebih baik tingkat kesadarannya akan pentingnya keselamatan pelayaran” tandas Mugen sembari berkeliling melihat fasilitas terminal lainnya mulai dari Thermal Scanner, Ruang Pemeriksaan Dokumen, mesin X-Ray, Ruang Laktasi, Ruang Tunggu Penumpang, Counter Check-In tiket kapal, Posko Lebaran, dan Sentra Vaksinasi penumpang (vaksin 1, 2, booster) yang berada di Lantai 1 hingga lanjut berkeliling ke Lantai 2 untuk melihat fasilitas terminal lainnya seperti Garbarata, ruang tunggu penumpang Musholla yang berada di Lantai 2 Gedung Gapura Surya Nusantara.

Di akhir peninjauan Dirjen Mugen juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dengan memastikan jumlah penumpang sesuai kapasitas kapal, jumlah alat keselamatan cukup dan perhatikan faktor cuaca sebelum kapal diberangkatkan. Beliau meminta agar seluruh fasilitas di pelabuhan maupun di kapal telah dibersihkan dan dilakukan disinfektan secara berkala oleh instansi atau administrator yang bertanggung jawab, ” agar meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran serta berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, termasuk dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca dari BMKG kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk, dan kepada Perusahaan Pelayaran diwajibkan untuk memperbaharui/meng-update informasi terkini jadwal kedatangan/keberangkatan kapal baik di pelabuhan ataupun melalui media sosial” pungkasnya

Dhany Rachmad Agustian  GM Kalimas, Terminal Penumpang dan Ro-Ro PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa mengatakan bahwa saat ini hingga H-13 pelabuhan Tanjung Perak telah mencapai puncak arus mudik 52% untuk penumpang naik dan turun, dilihat dari catatan posko arus mudik di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak.

“Saat ini pelabuhan Tanjung Perak telah menerima kunjungan kapal penumpang 4 hingga 8 kapal setiap harinya dengan fasilitas yang sudah kita punya dan saat ini kami juga telah menyediakan POSKO angkutan lebaran yang sudah mulai beroperasi pada H-15 kemarin namun persiapannya sudah mulai dari H-30”, ungkapnya.

Dhany mengatakan, fasilitas penunjang terminal lainnya juga telah kita siapkan mulai dari CCTV, Thermal Scanner, Ruang Pemeriksaan Dokumen, mesin X-Ray, Ruang Laktasi, Ruang Tunggu Penumpang, Counter Check-In tiket kapal, Sentra Vaksinasi penumpang (vaksin 1, 2, booster) yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh seluruh penumpang kapal laut yang belum melakukan vaksinasi, hingga personil penjagaan yang bekerjasama dengan stakeholder terkait dan pangkalan Marinir, “ketersediaan moda transportasi darat seperti Bus DAMRI tujuan Terminal Purabaya atau Bungurasih yang bekerjasama dengan PT.Damri sebagai supporting angkutan lebaran tahun 2022”, imbuhnya.(han/hum)

Facebook Comments