TTL Dan Aparatur Perhubungan RI Dorong Elaborasi Pencapaian Strategi Inovasi Pembangunan Sektor Transportasi

SURABAYA, BERKASNEWS-Terminal Teluk Lamong (TTL) merima kedatangan aparatur perhubungan RI dalam agenda Visitasi Kepemimpinan Nasional  Kementerian Perhubungan tahun 2023. 50 orang yang dari Kementerian Perhubungan dan 10 orang lainnya dari berbagai instansi seperti KPK, Lembaga Kepolisian, Parekraf dan BPSDM. Visitasi ini membawa misi elaborasi pencapaian strategi inovasi pembangunan sektor transportasi.

Kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) merupakan tahapan yang sangat penting karena nantinya akan menghasilkan output berupa policy brief yang akan disampaikan kepada Kementerian Perhubungan, serta dasar untuk melanjutkan proyek perubahan yang telah dirancang,
Agenda tersebut dihadiri Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Anto Julianto, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Capt Heru Susanto, dan Kepala Seksi Armada Distrik Navigasi Kelas I Surabaya. Direktur Operasi dan Teknik TTL, Kalbar Yanto memaparkan konsep green and smart port serta transformasi digital dan inovasi pelayanan yang tengah menjadi fokus utama TTL untuk memperkuat daya saing.

Lanjut Kalbar bahwa TTL akan mendukung penuh elaborasi ini, pelabuhan sebagai titik simpul angkutan darat dan laut akan terus meningkatkan keterpaduan transportasi antar moda dan antar stakeholder penyelenggara kegiatan “kami terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja pelabuhan. Tentu masih perlu banyak perbaikan untuk peningkatan kualitas dan performa kedepannya.” ujarnya.

Sementar Anto Julianto, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya juga menyampaikan adanya kesempatan ini diharapkan menjadi dorongan dalam menyelesaikan kekurangan-kekurangan yang masih ada, “Kami ingin banyak masukan untuk pengelolaan pelabuhan yang lebih baik khususnya di wilayah Tanjung Perak” jelas Anto

Senada Heru Susanto kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak menuturkan bahwa TTL merupakan pelabuhan strategis dengan kemajuan yang sangat pesat, ” Dalam elaborasi ini akan muncul inovasi-inovasi baru sehingga dapat membuat perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik dan dinamis menyesuaikan dengan perkembangan trasnportasi dunia.” tandasnya

Dalam elaborasi ini disamping hal-hal yang menyangkut substansi atau teknis transportasi yang dilakukan melalui pendekatan dari aspek manajerial dan kepemimpinan. Sebagai salah satu prasarana transportasi, pelabuhan memiliki peran strategis untuk mendukung sistem transportasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Dengan elaborasi ini diharapkan Terminal Teluk Lamong dapat berkembang menjadi pelabuhan yang membanggakan untuk Indonesia.
Menutup visitasi sore itu, aparatur perhubungan berkesempatan melihat langsung fasilitas terminal untuk kegiatan bongkar muat di dermaga dan mengunjungi Automated Stacking Crane (ASC) control room Terminal Teluk Lamong.

Facebook Comments