Kunjungan Wisatawan melalui kapal cruise Tumbuh, Pelindo Regional 3 Genjot Pekerjaan BMTH  

SURABAYA, BERKASNEWS– Pada semester pertama tahun 2023 Pelindo Regional 3 catat raihan positif dalam bidang pariwisata maritim, setidaknya Pelindo Regional 3 catat arus penumpang dalam jumlah wisatawan asing yang tiba melalui kapal pesiar di wilayah kerjanya. Tercatat sebanyak 98.742 wisatawan hilir mudik di wilayah kerja Pelindo Regional 3. Jumlah itu menunjukkan potensi besar industri pariwisata di Indonesia saat ini.

Selama semester 1 2023 tepatnya bulan Januari s/d Juli 2023 ada total 75 kunjungan kapal pesiar di 12 pelabuhan yang ada di wilayah kerjanya. Kunjungan tersebut mencatatkan arus penumpang sebanyak 98.742 orang. Jumlah ini sebagian besar merupakan wisatawan asing yang akan berlibur ke Indonesia.

Pelabuhan Benoa Bali, Pelabuhan Lembar di NTB pun menjadi 2 pelabuhan dengan penyumbang angka terbanyak yaitu 43.202 orang, sedangkan lewat Pelabuhan Benoa Bali 22.890 orang pada Pelabuhan Lembar NTB. Jumlah ini tentunya meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya pada 2022.

“Hingga semester sampai Juli ini data arus penumpang kami khususnya melalui kapal pesiar atau cruise cukup baik, penyebabnya banyak salah satunya adalah pelonggaran aturan kunjungan wisatawan asing dilakukan oleh pemerintah tahun ini”. Ujar Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo

Ardhy menambahkan, angka tersebut menjadi salah satu indikator bahwa potensi wisata di Indonesia khususnya di wilayah Pelindo Regional 3 cukup bagus, oleh karenanya ia meminta seluruh Pelabuhan di bawah kelolaannya terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan dan mengembangkan fasilitas-fasilitas yang menunjang pariwisata.

“Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia, sejumlah proyek penunjang wisata juga terus kami kebut salah satunya BMTH. Targetnya 2024 bisa beroperasi sehingga kunjungan Cruise akan bertambah.” Pungkas Ardhy

Kunjungan kapal pesiar atau cruise sendiri diprediksi akan tumbuh hingga semester 2 tahun ini atau akhir 2023. Pelindo mencatan terdapat 77 kapal pesiar yang berencana akan berkunjung. Jumlah tersebut diprediksi akan membawah penumpang hingga 52.000 penumpang hingga akhir tahun nanti. Dengan adanya peningkatan ini, diharapkan sektor pariwisata Indonesia akan semakin berkembang, memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal dan nasional.

 

Facebook Comments