Posko Resmi diTutup, Angleb 2023 SeJatim Lancar dan Aman

SURABAYA, BERKASNEWS –Seluruh  posko terpadu angkutan lebaran (Angleb) tahun 2023 seIndonesia di bawah naungan Direktorat jenderal perhubungan laut secara resmi tutup oleh Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha pada hari ini. Tidak terkecuali  posko terpadu pelabuhan Tanjung Perak, penutupan posko lewat apel bersama yang diikuti seluruh stakeholder dengan inspektur Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Antok Yulianto di Terminal Penumpang kapal Gapura Surya Nusantara (GSN), Senin (8/5/2023).

Antok yang membacakan sambutan Dirjen Hubla Arif Thoha meyampaikan bahwa, secara resmi posko terpadu Angkutan laut lebaran (Angleb) tahun 2023 dinyatakan berakhir, dan ditutup setelah  penyelenggaraan berlangsung selama 32 hari mulai tanggal 7 April – 8 Mei 2023, penyelenggaraan posko angleb  yang berjalan dengan lancar dan aman, baik di Tanjung Perak maupun Jatim secara keseluruhan yang memang menjadi konsentrasi Kementerian Perhubungan.

“Meski ada sedikit kekurangan dan harus ada perbaikan namun secara umum berjalan dengan baik itu terbukti banyaknya apresiasi dari banyak pihak,” kata Anto Julianto Kepala OP utama Tanjung Perak Surabaya saat membacakan sambutan Dirjen Hubla, Senin (8/5/2023).

Lanjut  Anto, Pihaknya  mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung jalannya posko terpadu Angleb 2023. Menurutnya, suksesnya posko angleb tahun ini di pelabuhan Tanjung Perak tak lepas dari solidnya sinergi dan kordinasi semua lembaga, unsur kementerian lembaga, BUMN dan seluruh stakeholders sektor transportasi.

“Ijinkan kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh lembaga terkait atas kerjanyata dan kerjasama serta kolaborasi yang baik ini dalam pelaksanaan angkutan lebaran 2023 ini.sehingga masyarkat dapat melakukan perjalanan dengan aman, nyaman, sehat  dan berkesan, baik kepada Komandan Lantamaal V, Direktur Polair Polda Jatim, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Syahbandar Tanjung Perak, Kepala Distrik Navigasi Surabaya, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak, Direktur Poltekpel Surabaya, Kepala KKP kelas I Surabaya, Kepala Bsarnas, Kepala BMKG, CEO Regional Jawa PT Pelindo, Direktur PHC, Direktur PT DLU, Direktur PT DLN, Direktur PT BLS, Direktur PT ALP, dan semua pihak” tandasnya

Ucapan ini juga saya sampaikan kepada seluruh insan pers atas peran media yang juga sangat penting sebab masyarakat luas dapat informasi kondisi terbaru seputar angkutan kebaran.

“Apresiasi juga buat seluruh media baik online,cetak, TV dan radio yang menyebar luaskan terkait info angkutan lebaran 2023,” ucap Antok.

Selain itu kami juga apresiasi peran penting para petugas jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yabg telah bertugas dengan sangat baik dalam mengawal pelaksanaan angleb 2023 berjalan dengan aman dan lancar.

“Apresiasi juga untuk tim SMRT UPT Hubla yang secara aktif menginformasikan kondisi laoangan juga imbauan keselamatan kepada masyarakat melalui media sosial sehingga masyarakat tahu perkembangan kedatangan dan keberangkatan kapal serta kondisi di pelabuhan,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil pemantauan dan monitoring selama penyelenggaraan angleb 2023, secara nasional total penumpang H-15 hingga H + 15 sebesar 4,1 juta orang atau mengalami peningkatan sebanyak 120 ribu orang atau 3,06 persen dibandingkan tahun 2022.

“Secara khusus periode yang sama di tanjung perak sebesar 203 ribu orang mengalami kenaikan sebanyak 43 ribu orang atau 36,92 dibanding tahun lalu. Ini suatu kenaikan yang luar biasa untuk pelabuhan tanjung perak,  kami juga berharap semoga tahun berikutnya agar lebih baik lagi dengan singkronisasi yang baik,” harapnya.

Hal ini menunjukan keinginan masyarakat untuk bepergian meningkat, kedepan agar penyelenggaraan angkutan lebaran lebih baik lagi diperlukan singkronisasi yang lebih baik lagi, antara pelaksana pengambil kebijakan dan pelaksana dilapangan, selain itu singkronisasi dengan  pelaksanaan cuty bersama dengan waktu libur sekolah agar permintaan angkutan lebih baik dan dikendalikan

“Saya minta agar kepala UPT dilingkungan perhubungan laut untuk segera melakukan penyempurnaan analisis dan evaluasi sekaligus mencari upaya dan terobosan guna peningkatan pelayanan angleb maupun nataru di tahun depan yang lebih baik lagi,” harap Arif Thoha  seperti disampaikan Anto Julianto

Terpisah Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto mengatakan, sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa kesyahbandaran Utama Tanjung Perak agar memantau jalannya arus balik-mudik angkutan lebaran 2023 secara langsung, menurutnya pihaknya telah melakukan pantauan langsung di lapangan dengan menebar seluruh anggotanya di simpul-simpul padat jalannya angleb, khususnya di Madura dan daerah Tapal Kuda.

“Alhamdulillah angleb di Jawa Timur terkendali dengan aman dan lancar karena saya lihat sendiri  sesuai instruksi menteri perhubungan, saya berputar di daerah tapal kuda madura terpantau aman, baik di Jangkar, Raas, Kangean, Sapudi, Kalianget, Banyuwangi,” tuturnya seperti dikutip media online titikoma

Lebih lanjut Heru mengatakan, guna mendukung angleb 2023, bahkan, Kemenhub memberikan bantuan kapal negara milik Distrik Navigasi Surabaya 2 armada, yaitu KN Bima Sakti dan Masalembo serta 1 kapal latih Taruna  KN Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya yang dioperasikan di pelabuhan Jangkar ke Madura kepulauan Pulang-Pergi selain kapal reguler milik PT DLU salah satunya.

“Sekali lagi, saya secara pribadi bersyukur, alhamdulillah angkutan lebaran khususnya di Jatim lancar, aman, nyaman, dan berkesan,” urainya

Untuk evaluasi kedepan,  Heru menambahkan, mungkin akan kita persiapkan lagi secara matang angleb tahun depan, persiapan-persiapan daerah-daerah mana saja yang menjadi intens dan fokus kita.

“Bahkan kemarin Dirjen juga menginstruksikan kepada Dirlala untuk seputar Madura dilakukan peningkatan agar tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Facebook Comments