TNI AL Perkuat Alutsista, PAL Ukir Sejarah

Menhan RI meresmikan kapal selam pertama dibangun di Indonesia (PT PAL), kamis (11/4)

SURABAYA, BERKASNEWS.COM– Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut  (AL) kembali menerima alat Utama Sistem Senjata (alutsista) berupa Kapal Selam  terbaru. Kapal ini merupakan Kapal Selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Surabaya (persero).

Hebatnya, Kapal selam Diesel Electric Submarine U20911400 di  produksi PT PAL Surabaya rencananya akan diberi nama KRI AIugoro-4O5.

“peluncuran kapal yang ketiga ini merupakan terobosan besar dalam industri pertananan nasional, dimana  kapal tersebut dibangun di Galangan PT PAL Surabaya (Persero)  dengan kerjasama dengan DSME korea Selatan dengan skema Transfer of Technologi”kata Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan RI saat peluncuran Kapal Selam yang ke 3 dan pemberian nama.kamis (11/4)

Dengan Harapan kata Ryamizard, kedepan kita bisa membangun secara mandiri, serta dengan adanya KRI Alugoro 405 ini mampu memperkuat kemampuan jajaran TNI AL,”kehadiran Kapal modern ini diharapkan mampu memperkuat postor pertahanan negara smart power “katanya

Adapun Peluncuran kapal  technogi terkini ini oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. S.E.. M.M., sedangkan penamaannya dikukuhkan oleh ibu Nora Ryamizard Ryacudu dengan nama KRI Alugoro-405

Kapal ini memiliki panjang 61.3 meter dengan kecepatan lebih kurang 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal di tambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.

Sebelumnya. TNI Angkatan Laut juga telah diperkuat oleh dua kapaI selam sejenis yaitu KRI Nagapasa-403 pada tahun 2017 dan KRI Ardadedali-404 pada tahun 2018 yang dibangun di galangan DSME Korea Selatan.

Sementara itu Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh, Menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pertahanan atas kepercayaanya untuk kerjasama kontrak joint pembangunan kapal selam yang ke tiga,” Syukur Alhamdulillah dengan kerja keras kami semua,pembangunan Kapal Selam ke tiga ini  terelealisasi,” ungkapnya

PAL juga ukir sejarah dimana kali pertama Indonesia membangun ķapal selam.Kata budiman PT PAL juga berterimakasih kepada Kementerian Pertahanan dan TNI AL yang mempercayai kembali terhadap kami untuk melakukan kontrak pembangunan 3 kapal lagi,” besuk jumat penandatanganan” lanjutnya

Perlu diketahui bahwa pembangunan sarana dan prasarana kapal Selam ini dari dana PMN 2015 sebesar 1, 5 T dari 2,5 T yang diusulkan tahun 2013.(Han)

Facebook Comments