Tambah 1 Armada, PT DLU Bantu Layani Rute NTT

71

SURABAYA, BERKASNEWS – Minimnya moda transportasi diwilayah timur Indonesia khususnya Nusa Tenggara timur (NTT) yang sehingga ongkos tarif transportasi udara  sangat melambung, hal itu mengetuk hati owner  PT Dharma Lautan Utama (DLU) memberikan bantuan atas keluhan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT),  dengan memberikan alternatif moda transportasi laut  sebagai sarana transportasi masal yang melayani mereka baik antar pulau hingga lintas panjang, ini sebagai salah satu solusi yang diharap masyarakat Indonesia belahan Timur.

Inisiatif dukungan armada kapal penumpang PT DLU berjenis Roll- on Roll- of (ro-ro) ini  berawal dari permohonan Serena Cosgrova Francis yang kebetulan salah satu calon legislatif RI dari Partai Gerindra dapil NTT agar kiranya PT DLU bersedia memberikan trayek rute kapalnya hingga ke wilayah timur Indonesia Kupang, ende dll sebagai solusi ditengah meroketnya harga tiket pesawat.

“Sebenarnya cocok sekali kami melayani ke arah NTT ini karena NTT ini wilayah perbatasan dengan negara lain atau istilahnya Border, dan disini harus betul-betul diberikan satu fasilitas yang cukup sehingga masyarakat ini benar-benar bisa sejahtera diwilayah tersebut, dan harus lebih sejahtera dari wilayah negara lain, baik itu Timor Leste maupun Australia. Kami sepakat untuk membantu ini,” ungkap owner PT DLU
Bambang Haryo Soekartono (BHS)
saat menerima kunjungan Ketua Komisi V DPR RI Periode 2014-2019, Frans serta Bupati Ende Jakfar sembari melihat kelayakan kapal KM, Dharma Kartika V yang baru dibeli dan sedianya dioperasikan dengan trayek rute Indonesia timur. Rabu (31/1/2024).

hadirnya alternatif moda transportasi adalah laut dengan armada kapal yang bisa melayani masyarakat timur itu juga diharapkan Gubenur NTT sehingga singkron menginginkan, seperti gayung bersambung yang akhirnya BHS kemudian memutuskan menyiapkan KMP Dharma Kartika V untuk dioperasikan layani trayek Surabaya hingga Kupang PP

“Alhamdulillah kami akhirnya menetapkan  tanggal 5 bulan Februari 2024 armada kami mulai berangkat kesana. Yang kita harapkan masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan transportasi ini atau kapal ini,” harap BHS.

KMP Dharma Kartika V ini memiliki beberapa kelebihan dibanding kapal pendahulunya KMP Dharma Rucitra VIII, salah satunya dilengkapi Podcast yang bisa digunakan oleh penumpang lakukan siaran hingga didengar khalayak luas di media internet, kamar lebih banyak, ada 140 kamar VIP, disamping dilengkapi sarana mini soccer, sarana jim sangat cocok bagi orang yang mau berwisata dengan membawa mobil pribadi.

Pelayaran kapal ini dari Surabaya ditempuh 48 jam sampai ke Kupang. Kapal ini mempunhai kecepatan rata-rata 20 knot hingga 27 knot jauh lebih cepat dari kapal-kapal yang beroperasi disana, rencananya kapal yang dipatok tarif rata-rata 500 an hingga 1 juta kalau VIP dengan kapasitas 1.090 an penumpang itu langsung juga direspon oleh Bupati Ende, Drs Djafar Achmad agar kapal ini bisa juga melayani masyarakat di daerahnya.

“Kami siap juga melayani keinginan pak Bupati, yang kebetulan merasakan kenyamanan layanan KMP Dharma Rucitra VIII yang telah beroperasi. Alhamdulillah menurut beliau inflasi bisa turun, dan pertumbuhan ekonomi meningkat tajam,” urainya

sebagai warga NTT kami mengucapkan terima kasih kepada DLU yang telah mengundang kami untuk melihat secara langsung kapal KMP Dharma Kartika V yang akan beroperasi melayani masyarakat NTT, saya memberikan apresiasi bahwa apa yang dilakukan PT DLU luar biasa bila dibandingkan dengan armada kapal lain.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pemda NTT, teman-teman Kadin bersama kita akan nenyambut kedatangan kapal ini. Dengan fasilitas yang ada, ini luar biasa ditengah isu yang menyeruak di masyarakat, misalnya tiket pesawat Ende-Kupang itu kadang kebih mahal daripada Ende-Surabaya,” akun Fary Djemi Francis yang juga sebagai Komisaris Utama PT ASABRI

Sementara itu, Serena Cosgrova Francis masyarakat NTT yang juga sedang ikut caleg DPR RI itu mengaku, sebagai anak muda dirinya melihat adanya keterbatasan akses transportasi dan juga harga tiket yang sangat mahal ketika kita ingin melakukan perjalanan di daerah NTT.

“Saya rasa dengan hadirnya kapal apalagi dengan Dharma Khartika V yang wah ini, saya yakin tidak hanya dengan pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkat di NTT, tetapi sektor pariwisata juga” harapnya

Dengan hadirnya kapal KMP Dharma Kartika V ini nantinya, kami sangat terbantu dengan kapal yang cukup baik ini. Selama ini kapal yang beroperasi di daerah kami sangat memprihatinkan, dengan kata maaf kebanyajan kapal yang dilempar kesana itu kapal yang sudah karatan.

Turut hadir dalam kesempatan itu kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto beserta jajaran, Sub Regional head Jawa Regional 3 PT Pelindo, Capt, Ali Sodiqin, seluruh Direksi PT DLU, dan Direksi PT Adiluhung Saranasegara Indonesia dan jajaran.

 

Facebook Comments