Tunjang Produktivitas Pelabuhan Gresik, Inilah Langkah Regional 3

164

GRESIK, BERKASNEWS.COM– Guna menunjang produktivitas bongkar-muat PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 melakukan optimalisasi fasilatas pelabuhan, Salah satunya melalui pengerukan alur dan kolam serta penambahan panjang dermaga di area Pelabuhan Gresik. Kendati perawatan kolam sudah menjadi tanggung jawab perusahaan plat merah penerima konsesi tersebut,

“Saat ini Regional 3 telah melakukan proses pengerukan di area dermaga V Pelabuhan Gresik dengan menunjuk PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS ) sebagai operator pengerukan” kata Humas Regional 3 sub regional jawa PT Pelabuhan Indonesia, Rendy.

Sementara itu pembangunan fasilitas di Pelabuhan Gresik Regional jawa dinilai cukup penting, sebab hal tersebut mengacu pada peran Pelabuhan Gresik sebagai salah satu penopang aktivitas logistik di area Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Pelabuhan Gresik merupakan salah satu Pelabuhan penting milik kami, lokasinya yang cukup strategis membuat Pelabuhan ini sebagai penopang sekaligus alternatif pengguna jasa kami tak hanya domestik namun juga Internasional untuk melakukan bongkar muat selain di Tanjung Perak, sehingga pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Gresik merupakan kebutuhan penting,” ujar Regional Head 3 PT Pelabuhan Indonesia, Ardhy Wahyu Basuki.

Regional 3 menargetkan proses pengerukan hingga -6 meter LWS bisa segera terselesaikan tepat waktu sehingga proses operasional di Pelabuhan Gresik bisa lebih optimal lagi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Capt. Dwi Yanto, yang didampingi Kabag TU Suncoko mengatakan, pengerukan alur dan kolam di Pelabuhan Gresik akan berdampak pada kecepatan operasional pelabuhan sehingga mempercepat antrian kapal yang akan sandar di Pelabuhan Gresik.
Harapannya ini bisa berpengaruh pada peningkatan perekonomian Jawa Timur terlebih saat ini banyak industri yang melakukan pengiriman logistik mereka dari Pelabuhan Gresik.

“Kami mengapresiasi langkah Pelindo yang melakukan penambahan dan perbaikan infrastruktur di Pelabuhan Gresik, tentunya ini akan memberikan manfaat nyata pada pelayanan logistik di Jawa Timur khususnya,” ujar Suncoko.

Sebelumnya, selain melakukan pengerukan alur dan kolam di Pelabuhan Gresik, Pelindo Regional 3 juga telah mempercepat pembangunan Dermaga 180 Multipurpose II. Hal ini bertujuan agar menunjang kegiatan sandar atau tambat kapal dan tongkang dengan kapasitas ukuran maksimum 3000 DWT ( Deadweight Tonnage).(an/hum)

Facebook Comments