Peringati Bulan  K3, Dorong Peningkatan Budaya K3 TKBM  PelabuhanTanjung Perak

115

SURABAYA, BERKASNEWS.COM– Peringati Bulan K3 Nasional Tahun 2022, PT Pelindo Terminal Petikemas Selenggarakan Kegiatan Drill Pemadam Kebakaran di Terminal Petikemas Nilam, itu merupakan  rangkaian acara yang berlangsung mulai tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2022, yang kemudian dilanjutkan  kegiatan Peningkatan Budaya K3 bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan dukungan terhadap kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap 4  bulan sekali serta diadakan implementasi Program K3 yang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan. Adapun program tersebut ialah Sterilisasi Terminal, Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), Safety Training /Awareness, Communication Plan, Safety Handling / Incident Management dan Safety Briefing. Kegiatan Drill Pemadam kebakaran ini diikuti sekitar 78 peserta yang terdiri dari Tim HSSE Pengendalian Operasi TPK Nilam, anggota Port Security Regional Jatim, Tim HSSE Regional Jatim, petugas kebersihan, Tim Teknik Hydrant, Tim PBK yang berasal dari masing-masing terminal dan anak perusahaan Pelindo Terminal Petikemas Grup, Tim Konvensional, beserta stakeholder yang beroperasi di area Terminal Nilam seperti Kepala Pos KP3 Terminal Nilam, Kepala Pos KPLP Terminal Nilam, Kepala Pos Syahbandar PT.Indocement, PT.Smart, PT.Salim, PT.Nilam Port Terminal Indonesia (NPTI), PT.Jasa Terminal Indonesia, PT.Bogasari, PT.AKR, PT.Pertamina, PT.Berkah Multi Cargo Logistik (PT.BMC), PT. Berkah Industri Mesin Angkat (PT.BIMA), dan Terminal Nilam Utara.

Bondan Winarno, VP HSSE Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menyatakan bahwa Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 kali ini mengambil tema Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi.

“Mengacu pada hal tersebut, PT Pelindo Terminal Petikemas menyelenggarakan berbagai agenda kegiatan yang bersifat strategis, promotif dan inovatif seperti Pemasangan Bendera, Umbul-umbul, Spanduk dan Baliho K3, APEL Bulan K3 Nasional Tahun 2022, Safety Management Walk-through, Program Implementatif K3, kegiatan sosial K3 dalam bentuk donor darah, bersih-bersih area kerja, dll”, ujarnya

Taufiq Rahman,General Manager Terminal Petikemas Nilam juga menyatakan bahwa kegiatan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran tersebut sebelumnya merupakan agenda rutin Tim HSSE Regional Jatim yang diselenggarakan rutin setiap 4 bulan sekali namun kali ini lebih banyak pesertanya dikarenakan bertepatan dengan Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022. Disamping itu acara tersebut juga membahas tentang bagaimana meningkatkan kesadaran terhadap protokol kesehatan di wilayah kerja Pelabuhan Tanjung Perak.

Linda Rahayu, Deputi Manager Health, Safety, Security and Enviroment (HSSE) juga menghimbau kepada rekan-rekan kerja untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memperhatikan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas) agar terhindar dari penularan virus Covid-19 yang masih ada hingga saat ini. “Selain itu simulasi ini juga bertujuan melatih kesiapsiagaan para personil dan stakeholder dalam menangani tanggap darurat terhadap penggunaan alat-alat penanggulangan bahaya kebakaran (Hydrant) di area Terminal Nilam-Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, “imbuhnya.

Harapannya dari pelaksanaan kegiatan tersebut agar setiap terminal dan anak perusahaan dapat mengimplementasikan Program K3 Nasional secara berkesinambungan sehingga berbagai agenda kegiatan K3 dapat terus menerus dilakukan di masing-masing lingkungan kerja dan dapat meraih penghargaan K3 di setiap tahunnya.(an/hum)

Facebook Comments