Bulan K3 2022, Momen Bangun Sinergi Insan Maritim Tanjung wangi

112

BANYUWANGI, BERKASNEWS.COM- PT Pelabuhan Indonesia (persero) sub Regional Balinusra Tanjung Wangi bersama KSOP Kelas III Tanjung Wangi menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022 yang dipusatkan di Kantor Tanjung Wangi Banyuwangi, Jumat (28/1).

Acara dibuka Kepala Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP )Tanjung Wangi Banyuwangi, Letkol Marinir Benyamin Ginting. Dengan dihadiri Insan Maritim Pelabuhan Tanjung Wangi mulai dari jajaran TNI AL, Puslatpur Marinir Lampon, Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi, Satuan Polisi Air Polres Banyuwangi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Wangi, BPTD Wilayah XI Ketapang, Bea Cukai Type Madya Pabean C Banyuwangi, Pelabuhan Indonesia Cabai, PT ASDP Indonesia Ferry, PT Dharma Lautan Nusantara dan PT Pertamina.

Kata Ginting, peringatan Bulan K3 Nasional bertujuan untuk membangun komunikasi, silaturahmi dan menata sinergitas Insan Maritim yang ada di Banyuwangi. “Bertemu lewat olahraga dan bersilaturahmi melalui Coffee Morning,” ungkap Ginting.

Rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional (28/1), diawali dengan Upacara Bulan K3, dilanjutkan dengan kegiatan donor darah, olahraga bersama antar Insan Maritim Tanjung Wangi dan Coffee Morning untuk membahas evaluasi keselamatan di lingkungan Pelabuhan. Selain itu kata Ginting, percepatan vaksin ke-3 (booster) akan dilakukan kepada seluruh stakeholder Pelabuhan Tanjung Wangi sebagai lini terdepan dalam mendukung kelancaran transportasi logistik.

Ginting berharap semangat kebersamaan yang ditunjukkan Insan Maritim Tanjung Wangi berdampak positif dalam melaksanakan tugas dan mendukung program pemerintah.

“Tidak ada sesuatu pun yang tidak bisa kita kerjakan, kalau kita semangat dan kerja bersama-sama pasti bisa,” tegas Ginting.

Sementara itu, General Manager PT Pelabuhan Indonesia Tanjung Wangi, Pitria Kartikasari mengapresiasi kepada Insan Maritim tak terkecuali Regulator lingkungan pelabuhan, asosiasi dan pengguna jasa yang mampu mewujudkan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan Zero Accident di Pelabuhan Tanjung Wangi.
Pitria mengungkapkan sebagai bentuk peran aktif PT Pelindo Tanjung Wangi di peringatan Bulan K3 Tahun 2022 akan memberikan bantuan Safety Helmet kepada Koperasi TKBM Tanjung Wangi. “K3 merupakan aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak mendasar bagi setiap pekerja,” ujar Pitria

Yang kemudian kegiatan Bulan K3 Nasional akan ditutup dengan Workshop K3. Pitria berharap melalui kegiatan ini tenaga kerja akan mendapatkan informasi pengetahuan mengenai K3, dan upaya-upaya pengendalian potensi bahaya. “Meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja pada pekerja bongkar muat serta menjadikan K3 sebagai Budaya Kerja,” pungkasnya.

Hasil acara tersebut memperoleh 51 kantong darah terkumpul dari Insan Maritim Pelabuhan Tanjung Wangi di acara peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022.

(han/hum)

Facebook Comments