Penambahan Dermaga Petikemas,  Tekan Biaya Logistik

134

SURABAYA, BERKASNEWS.COM-Proyek perpanjangan dermaga petikemas PT Terminal Teluk Lamong (TTL) sepanjang 150 X 80 meter  tinggal tahap penyelesaian dan rencananya bulan Agustus ini akan dioperasikan, Hal itu ditandai kegiatan topping off  pada Kamis, 5 Agustus 2021.

Dermaga eksisting TTL untuk melayani kapal International saat ini memiliki panjang 500 x 80 meter, dengan selesainya perpanjangan dermaga tersebut maka TTL mengoperasikan dermaga untuk kapal International sepanjang 650 X 80 meter sehingga TTL mampu melayani 2 kapal sekaligus dengan ukuran 280-300 meter lebih.

Prosesi topping off proyek perpanjangan dermaga petikemas TTL Lamong dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo III (pemilik saham-red)  bersama Direktur Utama PT Krakatau Engineering, Direktur Operasional PT AMKA (Persero), dan Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong. Proyek ini merupakan sinergi BUMN  yang dimulai  Februari 2020.

Proyek yang menghabiskan anggaran  sebesar 207 milyar menggunakan teknologi pancang deck on pile serta dilapisi dengan perkuatan (revement) untuk mencegah tergerusnya tanah akibat gerakan air yang disebabkan oleh maneuver kapal.

“Dengan selesainya perpanjangan dermaga ini diharapkan dapat menurunkan waktu tunggu kapal di TTL dan secara umum di Tanjung Perak” kata Direktur Utama PT TTL Faruq Hidayat senin (9/8/2021)

Pelindo III terus bergerak dan memberikan layanan terbaik. Penambahan daya tambat akan menarik lebih banyak pasar domestik dan internasional ke Jawa Timur sehingga pelabuhan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Dengan bertambahnya kemampuan daya sandar kapal hingga 650 meter akan mempercepat proses bongkar muat, memperlancar distribusi barang, kapal lebih cepat berlayar kembali yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya logistik” lanjut Faruq.(han/red)

Facebook Comments