INAP ke 20 Harap Diskon Pajak Bea Masuk

0
30
10 negara anggota INAP, pelabuhan Tanjung Perak sebagai tuan rumah INAP yang ke 20.

Pelabuhan Tanjung Perak Tuan Rumah INAP Ke-20

SURABAYA, BERKASNEWS.COM–  Kali ke empat PT Pelabuhan  Indonesia (Pelindo) III Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.  Menjadi tuan rumah International Network of Affiliated Ports (INAP) ini merupakan
konferensi tahunan organisasi jaringan pelabuhan Intenasional.

Adapun agenda tahunan kali ini merupakan yang ke 20 .dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kembali menjadi tuan rumah yang dihelat di Hotel Sheraton Rabu dan (23-24 januari 2019) setelah tahun 1999, 2006, dan 2012.

INAP sebagai ajang untuk mempertemukan beberapa Pelabuhan di Asia dan Afrika,agar ada jalinan kerja sama yang Intensif.

“Konferensi Intenasional ini bertujuan untuk memudahkan jaringan bisnis distribusi barang antar pelabuhan yang sudah menjadi anggotanya. Disamping itu untuk mengembangkan penggunaan teknologi, sistem handling. dan standar pelayanan pelabuhan,” kata CEO PT pelindo III  Regional Jatim, Onny Djayus dalam siaran pers nya

Ketua INAP terdahulu Capt. Athula Hewavithara. Managing Director Port of Colombo, Sri Lanka Port Authority menegaskan harapannya agar di masa mendatang kerjasama melalui organisasi INAP dapat ditingkatkan tidak hanya antara pelabuhan utama negara yang digagas melalui Kerjasama Sister City tetapi juga dengan Perusahaan Pelayaran yang beroperasi di pelabuhan peserta serta antar Terminal Petikemas.

Ditambahkan, Mr. S.D Weerasinghe, Foreign Training Coordinating Officer Port of Colombo Sri Lanka, Sri Lanka Port Authority , bahwa tentang manfaat dan kerjasama organisasi INAP yaitu untuk menjembatani kerjasama perdagangan di antara berbagai pelabuhan negara yang tergabung dalam organisasi INAP. dan diharapkan di masa mendatang organisasi INAP ini dapat meluaskan keanggotaannya sehingga tidak hanya diantara Pelabuhan Penggagas Organisasi INAP tetapi juga lebih luas dengan Perusahaan Pengelola Pelabuhan Utama Negara baik pemerintah maupun swasta.

Disamping itu juga, agar program diskon pajak Bea Masuk dan potongan tarif dapat kembali dipertimbangkan serta Program Pertukaran Staff Ahli dapat kembali lebih digalakkan. “Not only Tax and Tariff Privileges but also INAP Technical Exchange Programs (ITEP) should be emerged more intense,” harapnya

Adapun  INAP beranggotakan 10 pelabuhan yaitu Cebu Port, Subic Bay, dan Davao Pon (Filipina), Chittagong Port (Bangladesh). Colombo Port (Sri Lanka). Dangjin Port (Korea), Transnet Port Terminal (Durban, Afrika Selatan). Kochi Prefectual Government (Jepang), Mokpo Newport Terminal (Korea), Qingdao Port (China), dan Pelabuhan Tanjung Perak (Indonesia).

Para Delegasi tersebut juga diajak mengunjungi Terminal Teluk Lamong, karena terminal ini semi otomatis pertama di Asia, juga diajakn mengunjungi Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak yang membuat warga Kota Pahlawan dapat turut menyambut kedatangan cruise intemasional. (han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.