Pelindo III Dan ITDC Peringati Hari Kemerdekaan Dengan Bantu Korban Gempa

Hikmat: pengibaran sang saka merah putih di kawasan konservasi pulau bakau

LOMBOK, BERKASNEWS.COM- Dalam rangka  Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  Ke 73 Republik Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo ) III dan PT IndonesiaTourism Development Corporation (ITDC) telah menyelenggarakan Upacara di Terminal Gilimas, Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa TenggaraUpacara tersebut diikuti oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dan pegawai sejumlah instansi pemerintah daerah,serta dari BUMN dan BUMD setempat.

CEO Pelindo III Ari Askhara, yang bertugas sebagai inspektur upacara, mengungkapkan,bahwa bencanaalam yang baru melanda bumi Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok merupakan duka bersama bagi seluruh Rakyat Indonesia, dan mendoakan agar derita ini agar segera selesai, “Bencana yang menimpasaudara kita di Lombok, tentunya seluruh rakyat Indonesia merasakan duka yang mendalam. Seluruhelemen bangsa, Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Rote berdoa agar derita ini segera sirna.Kita juga melihat seluruh elemen masyarakat Indonesia bergotong-royong hadir dengan memberikan bantuan langsung maupun menyalurkan sumbangsih baik moril maupun materiil agar roda perekonomian daerah dapat bangkit serta tumbuh seperti sediakala. Inilah modal besar serta spirit kebersamaan bangsa Indonesia, yang harus tetap dijaga serta dipertahankan dan makin dilestarikan,” ungkapanya

Sementara Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M. Mansoer, menambahkan, bahwa melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri, “BUMN menunjukkan komitmennya untuk bersinergi dalam meningkatkankesejahteraan masyarakat, serta menumbuhkan rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia. Khususnya ketika sebagian dari bangsa ini menghadapi peristiwa sulit seperti bencana gempa di Lombok, NTB, ini,” Katanya

Pada rangkaian upacara tersebut disampaikan secara simbolis bantuan dari Program Bina Lingkungan BUMN atau CSR Hadir Untuk Negeri,  Bantuan ini berupa pembangunan MCK sebanyak 50 bilik, 50 unit elektrifikasi rumah tangga, perbaikan jembatan, 250 paket sembako murah, beasiswa kepada masing-masing 5 orang dari SD, SMP, dan SMA senilai Rp 5 juta per siswa, perbaikan gedung SD, penyediaan 2 sarana air bersih, bedah rumah, dan pembuatan taman baca.untuk penyaluran bantuan bencana korban gempa Lombok senilai Rp 120 juta berupa 200 buah selimut, 100 buah tikar, 25 buah tenda, 200 kardus mi instan, 300 kardus air mineral, 100 kardus biskuit, 200 kardus kopi, 26 kardus susu, 100 kilogram, serta penyiapan fasilitas dermaga untuk bongkar kargo dari luar, serta bersama KSOP melaksanakan penyiapan kapal untuk evakuasi pengungsi.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Toto Heliyanto dan Husein Latief, kepada warga pesisir dan sekitarnya

Di tambahkan kahumas PT Pelindo III,“Merayakan Peringatan Kemerdekaan HUT ke-73 RI bersama masyarakat menjadi momentum kepedulian BUMN yang hadir untuk turut membangun negeri, tidak hanya di bidang perekonomian, tetapi juga di bidang sosial. Sehingga manfaat kehadiran BUMN langsung dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia,” tutur Vice President Corporate Communication Pelindo III, Lia Indi Agustiana.

 

Upacara di Kawasan Konservasi Bakau

 

Pelindo III juga melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan RI di kawasan konservasi Tanaman bakau Pulau Galang. Upacara bernuansa asri tersebut diikuti oleh direksi Pelindo III Group berserta karyawan, bersama warga pesisir pantai utara Surabaya. Tak jauh dari tempat upacara Pelindo III mengoperasikan terminal pelabuhan berkonsep ramah lingkungan pertama di Indonesia, Terminal Teluk Lamong(TTL)

upacara di surabaya ini juga Pelindo III memberikan bantuan yang merupakan Program CSR kepada warga sekitar ini bentuk kepedulian pelindo terhadap warga baik yang terkena musibah gempa maupun warga jawa timur khususnya wilayah ring satu perusahaan, Pelindo III Group sekaligus menyampaikan bantuan pada warga pesisir pantai utara melalui penyerahan simbolis kepada Ketua LPMK Tambak Osowilangon berupa bantuan sarana dan prasarana program Merdeka Dari Sampah (MDS), Ketua LPMK Romokalisari berupa sarana dan prasarana TPQ, dan Ketua LPMK Tambak Sarioso berupa renovasi balai RW 05 dan 06 Tambak Langon. Masing-masing bantuan tersebut senilai Rp 10 juta. “Amanah pemerintah kepada Pelindo III untuk memberikan layanan logistik kepelabuhanan yang prima, juga dibarengi dengan pelayanan bina lingkungan kepada masyarakat di sekitar pelabuhan. Tidak hanya di Lombok dan Surabaya, tetapi juga di setiap terminal pelabuhan yang dioperasikan Pelindo III di tujuh provinsi di Indonesia,” kata Human Capital and GA Pelindo III Group, Toto Heli Yanto,

Sementara Direktur utama PT TTL Dothy, mengungkapkan, bahwa TTL berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan sekitar, hingga tahun 2017, anak usaha Pelindo III tersebut telah menanam sekitar 21.000 bibit bakau di sekitar pesisir Pantai Utara Surabaya. “Bahkan tak kurang dari 16 persennya atau sekitar 5.000 bibit bakau, ditanam di Pulau Galang yang berfungsi sebagai pelindung kawasan pesisir dari intrusi,” jelasnya (han)

Facebook Comments