Tingkatkan Imunitas Pegawai, Budayakan Jalan Sehat Dilingkungan Pelabuhan Tanjung Perak

SURABAYA, BERKASNEWS– Ratusan pegawai dan tenaga alih daya di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak pagi ini Jumat (19/04) mengikuti program JASTIP (Jalan Sehat Di Aktif) yang diinisiasi oleh para Change Agent Pelindo Sub Regional 3 Jawa. Adapun rute jalan sehat mulai dari halaman kantor Pelindo Sub Regional 3 Jawa – Jalan Perak Timur – RS PHC – Jalan Perak Barat – hingga Finish di halaman Kantor Pelindo Sub Regional 3 Jawa.

Program JASTIP (Jalan Sehat Di Aktifin) ini merupakan salah satu dari 3 (tiga) program budaya perusahaan yang diusulkan para Change Agent Pelindo Sub Regional 3 Jawa sebagai inisiatif program yang berasal dari Tim Pengelola Budaya HO, dimana telah dibentuk Tim Change Catalist yang bertujuan untuk membangun budaya perusahaan yang memperkuat nilai-nilai AKHLAK dan mendorong pencapaian kinerja perusahaan.
Tim Change Catalist di wilayah Pelindo Sub Regional Jawa terdiri atas Change Leader yakni Sub Regional Head Jawa, Change Champion yakni Senior Manager Regional SDM & Umum, dan para anggota Change Agent Pelindo Sub Regional 3 Jawa.

Program ini rencananya akan dilaksanakan setiap sebulan sekali yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pegawai, menjadi kesempatan untuk membangun dan memperkuat hubungan antara rekan kerja (harmonisasi antar pegawai Sub Regional Jawa), memberikan kesempatan untuk berbicara, bertukar ide, dan mempererat ikatan antar pegawai, dan mendukung program manajemen Pelindo, yaitu Pelindo Walk.

Bambang Hasbullah, Sub Regional Head Jawa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa sekaligus sebagai Change Leader mengatakan bahwa pihaknya setuju dengan adanya program JASTIP (Jalan Sehat Di Aktifin) ini karena dapat memberikan manfaat positif bagi peningkatan kesehatan seluruh pegawai di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Jalan Kaki sebagai bentuk olahraga yang paling sederhana bisa menjadi budaya dalam diri pegawai di lingkungan Pelindo Sub Regional Jawa, yang nantinya akan membawa dampak positif pada Medical Check Up yang telah diprogramkan oleh perusahaan tiap tahunnya”, ungkapnya

Bambang berharap semoga apa yang dilakukan pada hari dapat memberikan manfaat positif pada diri kita masing-masing dan perusahaan yang saat ini sedang membangun dan meningkatkan layanan menuju hari esok yang lebih baik.

Sementara itu Dwi Sukma Wati, sebagai salah satu perwakilan Change Agent Pelindo Sub Regional Jawa mengatakan bahwa program JASTIP ini merupakan program internalisasi core values AKHLAK pada unit masing-masing yang diinisiasi oleh Tim Pengelola Budaya HO Pelindo. Program ini rencananya akan dilaksanakan setiap sebulan sekali bergantian dengan kegiatan senam pagi bersama yang juga merupakan pelaksanaan Program Budaya Perusahaan yaitu Jumat Sehat Pelindo dan sudah terlaksana setiap 2 minggu sekali di lingkungan Pelindo Sub Regional Jawa.

“Selain JASTIP kami juga ada 2 (dua) program lainnya seperti MARITIME (Meeting With Result and On Time) yang merupakan program implementasi Effective Meeting yang dilakukan saat pelaksanaan Rapat Manajemen & SNOW (Sharing Knowledge) yang merupakan program Break The Silo (BTS) yang bertujuan menumbuhkan inisiatif belajar (self learning) bagi pegawai dan berbagi pengalaman kepada rekan kerja / atasan / bawahan guna menambah pengetahuan, penyampaian ide/ gagasan, serta pemecahan solusi permasalahan atas kendala yang dihadapi dalam pekerjaan”, ungkapnya.

Pelaksanaan ketiga program tersebut nantinya akan terus dilakukan dimulai sejak Januari hingga Desember 2024. Dan diharapkan keseluruhan program Change Agent dapat terealisasikan dengan baik di lingkungan Pelindo Sub Regional 3 Jawa.

 

 

 

Facebook Comments