Bantu Urai Arus mudik 2024, Disnav Tanjung Perak Siapkan 2 kapal

42

SURABAYA, BERKASNEWS- Moda transportasi jalur laut adalah favorit bagi masyarakat Indonesia sebab tarif yang masih terjangkau terlebih bagi masyarakat Madura, angkutan melalui kapal merupakan moda transportasi pilihan bagi masyarakat di kepulauan Madura dan sekitarnya.

Apalagi momen hari raya Idhul Fitri Para perantau dari pulau Madura yang mudik dari berbagai kota di Indonesia, khususnya para pekerja dan pelajar dari sekitar Pulau Bali dan wilayah tapal kuda di Jawa Timur yang mendominasi bahkan penumpang jumlah terbanyak yg melakukan mudik menggunakan kapal.

Untuk itu kantor Navigasi ( Disnav) kelas I Tanjung perak Surabaya juga turut andil dalam upaya mengurai arus mudik yang diprediksi bakal melonjak, “kami menyiapkan dua kapal navigasi kelas I dengan kapasitas muat maksimal 200 penumpang untuk sekali angkut. Dengan kapasitas BBM yang disediakan, maka kapasitas yang disiapkan sebanyak 1200 penumpang untuk arus mudik dan 1200 untuk arus balik dengan maksimal masing-masing 3 trip selama masa angkutan lebaran” tutur kepala Disnav kelas 1 Surabaya Capt Mugen, saat pelepasan kapal masalembo utk stanby angleb di kalianget. Rabu (3/4/2024)

Pelepasan KNP.Masalembu untuk standby di Kalianget masa angleb 2024.

Kendati kapal- kapal Perintis yang memang sudah dijadwalkan melayari kepulauan Madura seperti kapal- kapal perintis dan kapal penyeberangan, meski Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat akan menyediakan kapal-kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik.

” kapal yang disiapkan oleh Disnav Tanjung Perak nantinya dioperasikan dengan perintah dari syahbandar setempat dimana kapal tersebut diperlukan” lanjut Mugen

Adapun Pelabuhan yang selama ini menjadi titik pemberangkatan jalur mudik melalui laut antara lain pelabuhan Jangkar, Panarukan Situbondo, Raas, Sapeken, Sapudi, Kalianget dan Tanjung Perak.

Hal ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo yang ditegaskan kembali oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar kegiatan mudik lebaran dapat diselenggarakan dengan sebaik baiknya agar masyarakat dapat merayakan hari raya idul fitri 1445H dengan penuh keceriaan, sebagaimana tema mudik tahun ini ‘MUDIK CERIA PENUH MAKNA’

Facebook Comments