2 Kali Batal, VIKING MARS Bukti Nyata Tanjung Perak Disandari Kapal Cruise

Pasca Covid 19

89

SURABAYA, BERKASNEWS – Akhirnya kapal pesiar singgahi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jumat (09/12). Kapal berbendera Norwegia dengan GRT (Gross Tonnage) 47.842 Ton yang bermuatan 659 orang penumpang dan 470 crew kapal yang punya nama Ms.Viking Mars dan akan lepas sandar pada pukul 17.00 wib sore. Hal ini menjadikan kapal cruise perdana yang singgah dipelabuhan Tanjung perak setelah dua kapal pesiar harus gagal sandar dipelabuhan yang dioperasikan PT Pelabuhan Indonesia pasca pandemi sejak tahun 2020 silam, pasalnya karena adanya perbedaan presepsi terkait penanganan covid 19 pasca turun dari kapal seperti apa.

“Sekarang sudah di klirkan semua melalui Kemenko Marves dan kordinasi dengan pemerintah kota dan ini bukti nyata kembali bersandarnya kapal Pesiar di Pelabuhan Tanjung perak setelah pandemi Covid-19 melanda negara kita. Sudah 2 tahun terakhir pemerintah melarang adanya kunjungan Kapal Pesiar. Kami selaku pihak pelabuhan sangat bersemangat dalam melakukan persiapan kali ini. Ini juga menjadi awal bangkitnya kembali sektor parawisata Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur” kata Dhany Rachmad Agustian General Manager Kalimas, Terminal Penumpang & Ro-Ro Pelindo Sub Regional Jawa.

Kapal dengan panjang LOA 228 m ini bersandar di Dermaga Jamrud Utara Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya disambut dengan tarian selamat datang Jaran Kepang dan atraksi Reog Ponorogo. Para wisatawan mancanegara terlihat antusias mengabadikan pertunjukan yang disuguhkan oleh Pelindo Sub Regional Jawa. Wisatawan kapal pesiar yang mayoritas kebangsaan Amerika Serikat, Inggris, Canada, Australia dan negara – negara di benua Amerika lainnya.

Jadi Pelabuhan Tanjung Perak ini merupakan Pelabuhan kedua yang disinggahi oleh MV Viking Mars ini setelah Semarang tanggal 08 Desember 2022 kemaren, dan nantinya akan berlepas sadar kira-kira pukul 17.00 sore nanti dan akan melanjutkan perjalanan ke Tanjung Benoa Bali. “Sampai saat ini sudah sebanyak 16 slot yang dibooking oleh kapal pesiar dari 14 yang ditargetkan untuk bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak ditahun 2023 nanti”, imbuh Dhany.

Pihak Pelindo Sub Regional Jawa juga bekerja sama dengan Pemerintahan Kota Surabaya untuk memberikan berbagai fasilitas yang nantinya dapat dinikmati oleh para turis dari mancanegara seperti adanya stand UMKM yang menyediakan berbagai kerajinan tangan khas Indonesia dan berbagai camilan asli buatan Indonesia, ada juga Money Changer, stand Tourism Information Center dan berbagai pilihan transportasi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Onny Djayus CEO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa mengatakan bahwa besar harapannya agar dapat terus memberikan yang terbaik untuk segala kebutuhan terkait penyambutan kapal pesiar berikutnya mengingat akan ada 2 kapal pesiar yang bersandar pada tanggal 14 dan 20 Desember nanti ini sekaligus penutup kunjungan kapal pesiar tahun 2022 di Surabaya.

“Terutama masalah Covid-19 yang masih menjadi momok bagi sebagian besar orang maka tetap diterapkannya protokol kesehatan yang benar agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Perak” tutur Onny

Sebelum Kapal Pesiar MV.Viking Mars melanjutkan tujuannya ke Pelabuhan Tanjung Benoa para wisatawan dapat menikmati fasilitas paket wisata yang telah disediakan oleh Surabaya in Old Days Tour dengan tujuan wisata yang terjauh hingga ke Museum Trowulan di Mojokerto dan juga makan siang di House of Sampoerna serta mengunjungi beberapa objek wisata Surabaya seperti Hotel Majapahit, Museum 10 November 1945 di Kompleks Monumen Tugu Pahlawan, Taman Bungkul dan Patung Joko Dolog juga Pusat oleh – oleh Mirota. Juga paket wisata Surabaya Transfer Services dengan tujuan wisata belanja di Kompleks Pusat Perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya yang diawali dengan terlebih dahulu mengunjungi pusat oleh – oleh di Pasar Genteng.(han)

 

Facebook Comments