Tingkatkan Pelayanan, Pelindo Kembangkan Pelabuhan Benoa Jadi BMTH

DENPASAR, BERKASNEWS– PT Pelabuhan Indonesia (Persero)  tengah mengembangkan Pelabuhan Benoa di Bali menjadi Bali Maritime Tourism Hub (BMTH). Pengembangan itu bertujuan untuk meningkatkan kedatangan turis melalui kapal pesiar.

CEO Pelindo  sub Regional 3  Bali-Nusa Tenggara, M Ali Sadikin menjelaskan pembangunan BMTH menunjukkan keseriusan Indonesia yang ingin mendatangkan wisatawan lewat kapal pesiar yang biasanya dikuasai oleh Singapura, Malaysia, dan Australia untuk kawasan Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

“Pelindo dalam hal ini menyiapkan infrastruktur karena perkembangan kunjungan kapal pesiar yang datang ke Bali meningkat dan permintaannya cukup tinggi sehingga kami memiliki kewajiban meningkatkan layanan melalui BMTH,” ungkap Also panggilan akrabnya

Also juga menjelaskan BMTH merupakan proyek strategi nasional yang dikerjakan Pelindo dengan dukungan dari BUMN lain serta stakeholder terkait. Hal ini juga merupakan upaya Pelindo dalam meningkatkan pelayanan dan berimprovisasi.

“Pelindo tetap menjalankan fungsi sesuai core-nya dan pembangunan BMTH merupakan amanat undang-undang agar BUMN terus berimprovisasi dan meningkatkan pelayanan melalui potensi-potensi yang ada. Apalagi Bali memiliki potensi wisata yang luar biasa,” lanjutnya

Ini semua merupakan jawaban perusahaan plat merah sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) , melalui pembangunan BMTH  yang mencakup 3 hal utama sesuai arahan Kementerian BUMN yaitu lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMKM.

Pengembangan Pelabuhan Benoa menjadi Bali Maritime Tourism Hub dengan harapan agar memberikan nilai tambah pariwisata di Pulau Dewata, BMTH juga merupakan salah satu proyek strategis nasional yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Saat ini di Benoa terdapat pelabuhan ikan, terminal curah cair dan LNG (Liquified Natural Gas), marina untuk yacht, serta dermaga dan terminal untuk penumpang kapal wisata, Sebagai daya tarik wisatawan, tidak hanya itu di dalam kawasan Pelabuhan Benoa juga telah dilakukan penataan zona pariwisata. Selain itu juga dibangun Plaza UMKM untuk menampung cenderamata yang dibuat UMKM.Pelindo juga sedang merelokasi terminal curah cair dan LNG di dermaga selatan ke area utara.

Pengembangan BMTH ini juga sebagai kawasan pariwisata terpadu menyediakan seluruh kebutuhan pariwisata mulai dari akomodasi, hiburan, sampai cenderamata, sehingga diharapkan bisa menarik semakin banyak wisatawan asing.

Facebook Comments