Totok Ganti Maun Pimpin KSOP Gresik

0
25
Kiri: Agustinus Maun kalungkan bungah ke penggantinya Totok Mukarto.

GRESIK, BERKASNEWS.COM- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik Ganti Pucuk pimpinan, yang semula Agustinus Maun.ST.MT., kurang lebih16 bulan memimpin lembaga dibawah Perhubungan Laut. Kini tongkat kepemimpinan tersebut diserahkan kepada Totok Mukarto , SH, CN, M.Si untuk melanjutkan dan memimpin KSOP kelas II Gresik.

Selama bertugas di kota pudak sosok Maun cukup akrab dengan seluruh pengguna jasa Pelabuhan Gresik serta semua pegawai kantor KSOP Gresik, sehingga tanpa disadari waktu satu tahun empat bulan dilalui rasanya cukup singkat. Hal itu yang membuatnya terharu bercampur bangga bahwa masih diberi penghargaan dibuatkan sebuah acara penghantar kepindahan ke tempat tugas yang baru dengan meriah.

“Satu tahun empat bulan lalu saya diterima di tempat ini dan sekarang saya dilepas juga di tempat yang sama. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakannya,” tutur Agustinus Maun saat acara Silaturahim dan serah terima Memorandum KSOP Kelas II Gresik di Gedung serbaguna Petrokimia Gresik, Senin (3/12/2018).

Banyak pekerjaan besar yang sudah diselesaikan Maun  bersama jajaran KSOP Gresik diantaranya,

1, pada 17 Oktober 2017 pelabuhan Gresik ditetapkan salah satu dari 16 pelabuhan yang menerapkan inaportnet sesuai dengan revolusi industri 4.0 dimana Kementerian Perhubungan menerapkan sistem digitalisasi agar pelayanan lebih efektif dan efisien;
2. tanggal 15 Desember 2017, penandatangan konsesi dengan PT BMS salah satu pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri dan real estate;
3. pada September 2018 penyelenggaraan Marpolex yang menunjukkan bahwa KSOP Gresik mampu menunjukkan kegiatan yang berskala nasional yang telah difasilitasi PT Siam Maspion Terminal;
4, kerjasama dengan BMKG membuat laporan cuaca secara real time yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran khususnya kapal penumpang voyeger Gresik-Bawean dengan hanya 3 jam sudah terupdate untuk menjamin arus barang dan penumpa serta menjamin keselamatan pelayaran di wilayah kerja KSOP Gresik.

“Banyak hal yang telah dilakukan, dan itu hanya sebagian karya yang telah kita capai. Namun sebagai manusia saya masih banyak kekurangan, untuk utuk berharap KSOP Gresik yang baru dapat menyempurnakannya,”katanya

Lanjut Maun, Jika berkenan apa yang baik dari saya tolong ceritakan tapi yang kurang baik tolong dikuburkan dan disimpan dalam-dalam.

“Kata lagu bukan perpisahan yang ku tangisi tapi kenapa kita berjumpa disini,” ucapnya.

Sedangkan Kepala KSOP Gresik yang baru, R. Totok Mukarto  mengatakan, yang jelas untuk saat ini akan melanjutkan apa yang telah dilaksanakan pejabat lama, namun kedepan kami akan melengkapi dengan membenahi sesuai amanah institusi bahwa kami harus mengutamakan pelayanan serta keselamatan berlayar.

“ kami akan melakukan peningkatan pengawasan yang terkait dengan keselamatan berlayar maupun penertiban terminal yang berada di wilayah KSOP Gresik,”ungkapnya

target jangka pendek , kami akan melihat lagi situasi lingkup KSOP Gresik yang mana akan melakukan penertiban melihat bagaimana mengenai pelaksanaan dilapangan.

“Kita lakukan penertiban terkait dengan pelayaran, perijinan TUKS dan Tersus. Artinya akan membenahi dan melengkapi jika ada kekurangan,” pungkas Aremania ini (han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.